Monitor Melengkung Samsung Essential CF390

Sekali waktu, monitor LCD serupa di banyak tingkatan. Mereka persegi panjang, datar, tipis, dan mereka menghasilkan gambar. Agak sulit membayangkan bahwa saat ini produsen terus memperkenalkan berbagai jenis monitor LCD, masing-masing dengan gimmicknya sendiri. Kecepatan refresh tinggi, waktu respons rendah, 4K, Ultrawide, dan sekarang dengan Samsung, monitor lengkung.

Memang, Samsung telah mengirimkan Samsung Essential Curved Monitor CF390 untuk menjalankannya dengan cepat. Jujur, ini pertama kalinya saya diberi kesempatan untuk mengutak-atik monitor lengkung, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di monitor permainan alienware 27 aw2721d.

Spesifikasi: Tepat

Untuk layar 24 inci, Samsung Essential Curved Monitor CF390 cukup gemuk. Nama ‘Essential’ seharusnya cukup sederhana untuk menjelaskan bahwa itu adalah olahraga yang paling mendasar. Sebaliknya, itu memuat hal-hal seperti panel melengkung, penyegaran cepat, dan rasio kontras mega.

Desain: Melengkung mulus

Samsung Curved Monitor hadir dalam kotak cokelat agak besar yang terbuka dari atas. Di dalam, monitor dilindungi dalam penutup polistirena, dibundel dengan alas bundar untuk monitor berdiri, bata daya eksternal, kabel HDMI, serta buku petunjuk dan buklet garansi, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Hati-hati, karena monitor melengkung, tidak disarankan untuk meletakkannya di sisi yang lebar, oleh karena itu polystyrene dan kotaknya digunakan untuk Anda menahannya saat Anda ingin mendorong atau membongkar alasnya.

Monitornya cantik dalam warna hitam. Meskipun layar depan cenderung tidak menarik sidik jari, yang merupakan sesuatu yang biasa saya lakukan, semua bentuk noda umum juga ada di sana. Karena hanya berukuran 24 inci, monitor ini tidak terlalu besar dan cukup ringan. Itu harus dengan mudah masuk ke meja apa pun dan tidak akan terlihat tidak pada tempatnya.

Titik penjualan monitor adalah kelengkungannya. Dinilai pada 1800R, itu melengkung sedikit ke depan dan ke luar, mencakup beberapa penglihatan tepi saya.

Cukup mengagumkan, dudukan VESA standar 100mm x 100mm dapat ditemukan di bagian belakang, sesuatu yang tidak pernah saya harapkan dari monitor lengkung. Juga di bagian belakang, saya menemukan satu HDMI serta satu input VGA-SUB yang dapat digunakan monitor. Secara pribadi, saya ingin mendapatkan DisplayPort daripada HDMI tetapi karena ini adalah monitor kecepatan refresh standar, tebakan saya adalah Samsung tidak melihat perlunya menyertakan DisplayPort.

Port: Dasar-dasar Lanjutan

Di sebelah kanan port input, port output audio analog tunggal dapat ditemukan. Ini cocok jika input HDMI Anda memiliki suara, seperti dari konsol game misalnya. Sayangnya, hanya saluran 2.0 yang didukung.

Diparkir di samping adalah input DC 12V. Untuk menjaga ukuran monitor tetap tipis, Samsung telah memutuskan untuk menggunakan solusi daya eksternal, yang berarti dapat mempertahankan desainnya yang agak elegan.

Apa yang saya harapkan, dan Samsung sampaikan, adalah tombol power menjadi tombol ‘JOG’ yang sebenarnya. Joystick 4 arah yang dapat diklik ini mengontrol pengaturan menu monitor dengan cara yang mudah dan mulus. Bahkan, kontrolnya cukup intuitif. Cukup gulir menu, pilih pengaturan apa yang perlu digunakan, dan klik untuk memilih.

Jika ada, rasanya seperti tongkat analog pengontrol Microsoft Xbox. Oh betapa saya berharap setiap monitor lain di pasar menggunakan kontrol seperti itu.

Sinkronisasi Gratis: Tajam dan Cepat

Samsung Essential Curved Monitor CF390 menghadirkan dukungan untuk game sinkronisasi adaptif. Merek pilihannya adalah AMD Freesync. Ini berarti bahwa jika monitor dicolokkan ke GPU AMD, pemasangan dapat dikonfigurasi, di dalam panel kontrol, sehingga jika kecepatan bingkai game turun di bawah ambang batas tertentu, kecepatan refresh monitor akan mengikuti.

Secara teori, ini berarti bahwa tidak akan ada layar yang sobek meskipun Vertikal Sync tidak diaktifkan. Setidaknya, tidak akan ada jeda dalam pemrosesan video.

Ada dua mode AMD FreeSync yang didukung monitor: Standar, yang dimulai pada 60Hz, dan Ultimate Engine, opsi yang bekerja pada 72Hz.

Performa: Bagus untuk Game

Saya menguji Samsung Essential Curved Monitor CF390 dengan mesin Windows 10. Untuk AMD Freesync, saya mengeluarkan GPU AMD R9 390X yang selalu andal yang saya kemas ke dalam penyimpanan beberapa waktu lalu.

Dalam hal kelengkungan panel, saya merasa itu tidak terlalu terlihat. Saya memiliki monitor Samsung SyncMaster SA350 lama dan ketika ditempatkan berdampingan, perbedaannya tidak terlalu terlihat. Bahkan, melihat keduanya secara langsung hampir tidak menunjukkan perbedaan. Meski begitu, ketika saya melakukan sebagian besar pekerjaan sehari-hari, seperti mengetik dokumen atau spreadsheet, entri monitor Samsung yang baru menghasilkan lebih sedikit kelelahan mata dibandingkan monitor lama. Ini sangat jelas karena, di penghujung hari, saya beralih untuk melakukan sebagian besar pekerjaan saya ke Samsung Essential Curved Monitor CF390.

Ada juga versi 27in dari model ini, cocok untuk mereka yang merasa bahwa model yang lebih besar akan memiliki lekukan yang lebih terlihat dan ideal untuk dapat memberikan perasaan yang lebih mendalam.

Secara default, Samsung Essential Curved Monitor CF390 memiliki warna yang keren pada tampilannya, sesuatu yang saya sukai. Anda dapat mengubah gaya warna dari menu agar sesuai dengan preferensi Anda. Gambar terlihat jelas dan cerah, diterjemahkan dengan baik ke dalam game, terutama yang tidak menggunakan template yang dibisukan.

Dalam hal permainan, saya menguji monitor Samsung baru dengan berbagai permainan, seperti Hitman 2016 dan Fallout 4 untuk merasakan AMD Freesync. Game diatur ke pengaturan setinggi mungkin sehingga akan turun di bawah 60fps. Meskipun terasa halus, efeknya terkadang agak menggelegar, terutama saat ada penurunan dan kenaikan cepat untuk kecepatan bingkai.

Kesimpulan: Upaya yang Layak

Jadi apa pendapat kami tentang Samsung Essential Curved Monitor CF390? Yah, saya suka performa warna dan pemrosesan gambar yang dihasilkannya. Namun, kurva 1800R tidak terlalu terlihat pada untuk 24in. Meskipun saya tidak melihat ini sebagai Gaming Monitors yang bagus seperti yang saya harapkan, ada perasaan bahwa ini akan menjadi monitor kantor yang hebat, terutama jika pengguna tertentu ini mengerjakan banyak dokumen atau melakukan pekerjaan pengkodean.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *