HAKI: Merek Bisnis Anda

Banyak perusahaan mengharuskan karyawannya menyetujui kebijakan tertulis yang mengklarifikasi kepemilikan Kekayaan Intelektual dari produk kerja yang terkait dengan pekerjaan.

Bentuk khas dari kebijakan tertulis tersebut menyatakan bahwa semua Kekayaan Intelektual seperti penemuan yang dapat dipatenkan, karya cipta yang dapat dilindungi hak cipta atau rahasia dagang, yang dibuat oleh seorang karyawan haki selama masa kerjanya, sepenuhnya dialihkan ke – dan oleh karena itu dimiliki secara eksklusif – oleh pemberi kerja.

Selain itu, perusahaan lain, terutama yang bergerak dalam pengembangan perangkat lunak atau pembuatan konten media, baru-baru ini melangkah lebih jauh.

Beberapa bisnis telah menuntut agar karyawannya menyetujui kebijakan yang menetapkan dan mengalihkan hak, kepemilikan, dan kepentingan lengkap ke semua Kekayaan Intelektual yang dibuat selama masa kerja – terlepas dari apakah penemuan tersebut dibuat dalam ruang lingkup atau masa kerja.

Salah satu alasan potensial untuk perkembangan kebijakan semacam itu baru-baru ini adalah semakin sulitnya menggambar garis teknologi yang jelas antara aktivitas kreatif yang “bertugas” dan “tidak bertugas”. Dengan hadirnya ponsel pintar, laptop, netbook, jump drive, dan perangkat portabel lainnya di mana-mana, semakin sulit untuk menarik garis yang jelas antara kapan dan di mana item tertentu dari Kekayaan Intelektual benar-benar dikurangi untuk dipraktikkan (dalam kasus paten) atau pertama kali diperbaiki dalam bentuk nyata (dalam hal hak cipta).

Hal ini terutama berlaku untuk konten digital, yang tidak lagi dibuat hanya dalam batas-batas pengaturan kantor fisik, tetapi dapat diambil dan diedit di mana saja, kapan saja.

Akibatnya, pemberi kerja dapat mempertimbangkan untuk mengambil pendekatan seluas mungkin, dan menuntut akuisisi universal atas semua Kekayaan Intelektual yang dibuat oleh karyawan terlepas dari lokasi, waktu, cara, atau tujuan karyawan saat membuatnya.

Namun, karyawan sering takut bahwa pengaturan ini membuat perusahaan tergoda untuk mengklaim hak dalam proyek kreatif pribadi karyawan mereka tanpa menawarkan kompensasi tambahan, selain manfaat dari kelanjutan pekerjaan.

Mereka mungkin takut bahwa pemberi kerja akan muncul untuk menegaskan hak-hak ini hanya setelah proyek pribadi menunjukkan nilai ekonomis, dan secara efektif menggunakan kebijakan tersebut sebagai pembenaran untuk memperoleh secara hukum yang tidak pernah mereka tawar sebelumnya.

Sebagai masalah kebijakan, beberapa komentator berpendapat bahwa mengizinkan penegakan kebijakan kepemilikan Kekayaan Intelektual pemberi kerja-karyawan yang berlebihan seperti itu akan berdampak buruk pada masyarakat, karena insentif karyawan untuk membuat konten independen, dan untuk berkontribusi pada Kode Sumber Terbuka dan Creative Commons akan tertahan.

Mengakui masalah kebijakan yang valid ini, dan potensi penyalahgunaan pemberi kerja, di setidaknya 8 negara bagian, menuntut persetujuan dari karyawan melalui kebijakan yang berlebihan tentang klaim kepemilikan Kekayaan Intelektual sebagai persyaratan untuk melanjutkan pekerjaan telah dinyatakan tidak masuk akal, tidak berlaku karena bertentangan dengan kebijakan publik, dan / atau kurangnya pertimbangan kontrak yang memadai, tidak ada kompensasi tambahan selain dari pekerjaan yang dilanjutkan.

Misalnya, California secara khusus mengecualikan semua penemuan dan Kekayaan Intelektual yang dibuat di luar tempat kerja dan tanpa menggunakan fasilitas perusahaan. Selain perlindungan California Labour Code, undang-undang California memberikan jenis perlindungan lain bagi pembuat karya berhak cipta saat mereka, sebagai “kontraktor independen”, mengadakan perjanjian kerja untuk disewa dengan pihak yang menugaskan karya mereka.

Skenario ini cukup umum di bidang hiburan, di mana badan usaha sering kali berupaya mengurangi biaya overhead dengan mempekerjakan penulis sebagai kontraktor independen daripada karyawan.

California memberikan disinsentif yang kuat bagi pengusaha untuk menerapkan kebijakan semacam itu. Hukum California menetapkan bahwa orang yang memberikan “pekerjaan untuk disewa”, sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 101 Undang-Undang Hak Cipta, dianggap sebagai pemberi kerja dari pembuat karya untuk tujuan kompensasi pekerja dan asuransi pengangguran.

Akibatnya di California, setiap kali pencipta bekerja berdasarkan pekerjaan yang dibuat untuk disewa sebagaimana didefinisikan oleh undang-undang hak cipta federal, pencipta tersebut secara otomatis menjadi “karyawan”, yang mewajibkan pemberi kerja untuk menanggung biaya kompensasi pekerja dan asuransi pengangguran.

Lebih lanjut, kecuali seseorang memperoleh asuransi kompensasi pekerja sebelum memasuki pekerjaan yang dibuat untuk perjanjian sewa dengan pencipta, sebelum pekerjaan apa pun dilakukan, dan sebelum pembayaran dilakukan, ada kemungkinan tanggung jawab pidana dan perdata atas kegagalan untuk mempertahankan pekerjaan tersebut. Pertanggungan. California mengeluarkan denda hingga $ 100.000 terhadap karyawan yang tidak diasuransikan. Selain itu, pencipta berhak untuk membuat klaim tunjangan pengangguran terlepas dari kenyataan bahwa entitas perekrutan dan pencipta membayangkan bahwa pencipta akan menjadi kontraktor independen.

Dari sudut pandang pemberi kerja, akuisisi atas Kekayaan Intelektual pribadi karyawan juga dapat membuka kemungkinan cacing. Dengan diberlakukannya kebijakan tersebut, partisipasi karyawan di situs jejaring sosial, pengunggahan klip video, kiriman blog, dan bahkan foto keluarga secara teknis dapat menjadi Kekayaan Intelektual pemberi kerja. Bahkan bahan-bahan yang menyinggung dapat menjadi bagian tak terpisahkan dari daftar teoritis pemilik properti perusahaan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *